Skip to content

RUU SUSDUK: Badan Akuntabilitas Keuangan Dibuat

Juli 22, 2009

Kompas, Rabu, 22 Juli 2009 | 03:20 WIB

Jakarta, Kompas – Dewan Perwakilan Rakyat periode mendatang akan memiliki tambahan alat kelengkapan baru yang dinamai Badan Akuntabilitas Keuangan Negara. Hal itu diputuskan dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang Susunan dan Kedudukan (Susduk) MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang prosesnya hampir mendekati tahap akhir.

Menurut Ketua Panitia Khusus RUU Susduk Ganjar Pranowo dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, badan ini nantinya berwenang melaksanakan penyelidikan atas suatu kasus berdasarkan laporan audit Badan Pemeriksa Keuangan, berdasarkan masukan dari komisi, atau masukan masyarakat.

Wakil Ketua Pansus RUU Susduk Hajriyanto dari Fraksi Partai Golkar, Selasa (21/7), mengatakan, tujuan dari penambahan alat kelengkapan ini juga untuk lebih mengoptimalkan fungsi pengawasan DPR. Selama ini, berbagai temuan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan banyak yang tidak ditindaklanjuti DPR.

”Jangankan ditindaklanjuti, sering kali tumpukan laporan BPK yang tingginya dari lantai sampai lutut itu tidak pernah dibuka. Padahal, laporan itu bisa tiga sampai empat tumpuk,” kata Hajriyanto.

Tidak semua anggota bisa menindaklanjuti laporan BPK itu meskipun semua anggota menerima tumpukan dokumen tersebut. Pasalnya, tidak semua anggota DPR memiliki kemampuan membaca laporan keuangan yang bersifat kuantitatif.

Badan Akuntabilitas Keuangan Negara DPR akan diisi 12-13 anggota DPR senior, yaitu pernah menjabat paling sedikit dua periode, serta didukung sekitar 30 staf yang memiliki latar belakang ilmu ekonomi. (sut)

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. nasywa permalink
    Juli 23, 2009 12:17 pm

    Wah bagus juga tuh kalok dah punya RUU-nya. Takutnya, macan ompong juga tuh isinya.

    Mungkin malih mending nggak pakai Badan itu ya. Hasil dari BPK bisa aja di tindak lanjuti. Kuncinya KEMAUAN ya om

  2. Juli 23, 2009 1:41 pm

    Udah punyakah RUU-nya om.
    Upload dong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: