Skip to content

Andai saja semua dosen punya blog……

Januari 21, 2009

Judul tulisan ini saya ambil dari blog seorang mahasiswa, Muda Bentara, yang mengkhayalkan semua dosen punya blog. Tanggapan dari pembacanya lumayan seru, inspiratif, dan menggelitik. Muda Bentara lalu menulis begini:

  1. Andai saja semua dosen punya blog , pasti pendidikan menjadi sesuatu hal yang sangat menyenangkan , karena mahasiswanya bisa berdiskusi dengan dosen nya.
  2. Andai saja semua dosen punya blog , pasti mahasiswanya jadi pintar-pintar semua , pintar karena bisa mencuri ilmu-ilmu yang bermamfaat dari blog dosen nya.
  3. Andai saja semua dosen punya blog , pasti ilmu mereka menjadi lebih bermamfaat karena bisa diakses secara umum dan tak hanya terkubur di dalam diktat kuliah, ruang kelas, dan jurnal ilmiah saja.
  4. Andai saja semua dosen punya blog , pasti pendidikan tak menjadi sesuatu yang mahal lagi, karena orang yang tak kuliah lagi pun bisa mempelajarinya.
  5. Andai saja semua dosen punya blog , pasti mahasiswanya pintar dalam menulis , karena untuk aktif di blog ya WAJIB nulis ..
  6. Andai saja semua dosen punya blog , pasti mahasiswanya bisa makin dekat dengan dosennya, karena saling bersilaturahmi dengan blog walking.
  7. Andai saja semua dosen punya blog , pasti semua mahasiswa nya gak ada yang gaptek lagi , karena semua mahasiswanya juga ikutan ngeblog
  8. Andai saja semua dosen punya blog…….

Sebagai seorang dosen, saya merasa ide dan khayalan ini bagus untuk ditindaklanjuti oleh rekan-rekan dosen yang lain. Bukankah sekarang jaman dimana teknologi informasi sudah sangat memudahkan tugas dan fungsi kita sebagai pendidik? Saya menanggapi tulisan tersebut dengan komentar berikut ini.

Terus terang saya sangat tertarik dengan andai-andai anda ini. Sesuatu yang sangat wajar, rasional, logis, dan inovatif… Dosen adalah sosok, subjek, orang yang harus didorong untuk maju, kreatif, kritis, dan cerdas…

Sebagai sesorang yang disebut mahasiswa sebagai dosen, saya sendiri merasa sering “tertinggal” dengan kepintaran dan kreatifitas yang dimiliki oleh mahasiswa saya sendiri. Saat ini banyak mahasiswa yang sudah menguasai TI dengan sangat baik, sehingga mampu memperoleh referensi yang dosen sendiri belum punya. Artinya, “ilmu” mahasiswa mungkin sudah lebih maju daripada dosennya sendiri…

Saya sendiri sedang belajar membuat blog (https://syukriy.wordpress.com). Tujuannya:

1. Sebagai saluran komunikasi dengan mahasiswa, sehingga (a) tugas/PR bisa diberikan kepada mahasiswa kapan dan dari mana saja. Mahasiswa menyerahkan PR/tugas cukup lewat e-mail. (b) mahasiswa boleh bertanya dan berdiskusi tentang materi/masalah kuliah dan perkuliahan. (c) mahasiswa boleh memberikan masukan atau kritik terhadap saya, misalnya gaya mengajar, materi terlalu “ringan”, pakaiannya ndak rapi, dll… (d) mahasiswa bisa berdiskusi dan berkontribusi tentang referensi, misalnya buku dan jurnal baru. Untuk penelitian, misalnya. Bagaimana menentukan judul skripsi/tesis? Bagaimana cara mencari data? Bagamana…..

2. Sebagai sarana untuk menjual ide. Meminta orang untuk mendengarkan atau membaca ide kita tentu sulit, apalagi jika mereka harus meluangkan waktu secara khusus. Mahasiswa saja kalau mengikuti kuliah sering mengantuk atau jenuh… Nah. lewat blog, si pembaca bisa membaca kapanpun dia mau. Bisa sambil menunggu di bandara, stasiun, atau terminal. Bahkan mungkin bisa sambil kuliah (kalau dibolehkan membuka laptop oleh dosennya…).

3. Sebagai saluran untuk “berkampanye” dan “menjual diri”. Jujur saja, sebagai PNS, gaji dosen masih sangat kecil. Nyaris sama dengan UMR lah kalau faktor pendidikan (S2/S3) diperhitungkan… Menyedihkan! Oleh karena itu, saya merasa blog bisa menjadi alat promosi untuk mengenalkan kometensi dan kapabilitas kita. Beberapa kali saya dihubungi oleh event organizer untuk menjadi pemateri di pelatihan karena mereka “mencari pembicara” di internet….

4. Sebagai jalur untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Komentar dari pembaca kadang sangat cerdas dan inspiratif, meskipun kita sama sekali belum mengenal dia. Masukan, kritik, dan informasi baru terkadang sangat membantu ketika kita kesulitan menemukan ide tulisan. Artinya, komunikasi tanpa bertatap muka sangat membantu dalam meningkatkan kedewasan cara berpikir kita….

Saran saya kepada rekan-rekan blogger yang berstatus mahasiswa: Dorong dosen anda untuk belajar internet dan kemudian membuat blog atau situs pribadi.

Semoga sukses selalu. Amin….

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: