Skip to content

Krugman: Industri Otomotif AS Bakal Lenyap!

Desember 8, 2008

STOCKHOLM, MINGGU – Industri otomotif Amerika Serikat bisa lenyap dari peta perekonomian AS. Hal itu diungkapkan peraih nobel ekonomi, Paul Krugman mengenai gonjang-ganjing industri otomotif negeri Uwak Sam tersebut.

“Akan seperti itu (lenyap), karena “tekanan geografi” seperti yang telah saya diskusikan dengan rekan-rekan saya. (Industri otomotif AS) sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi ekonomi sekarang,” sebut Ekonom Princeton University yang juga kolumnis tetap di New York Times di Stockholm, Minggu (7/12) waktu setempat.

Menurutnya, penyelamatan industri otomotif AS melalui dana talangan terhadap raksasa “Big Three” merupakan solusi jangka pendek, dan suatu bentuk dari ketidakrelaan untuk mengakui kegagalan industri raksasa itu di tengah-tengah krisis ekonomi.

Menghadapi ancaman meledaknya tingkat pengangguran, Gedung Putih dan Kongres dari Kubu Demokrat sedang bernegosiasi untuk menyediakan dana sekitar 15 miliar dollar sebagai dana talangan bagi industri otomotis AS yang sedang berjuang menghindari kebangkrutan.

Big Three yang terdiri dari Ford, Chrysler, dan General Motor sebenarnya mengajukan proposal permintaan bantuan dana setidaknya 34 miliar dollar AS untuk menyelamatkan raksasa otomotif AS itu dari kebangkrutan.

Krugman memperoleh 1,4 juta dollar AS sebagai hadiah nobel, karena para juri berhasil memformulasikan teori baru mengenai dampak dari perdagangan bebas dan globalisasi, serta faktor-faktor yang menjadi penentu terjadinya urbanisasi global.

Sumber: Kompas, Senin 8 Desember 2008.

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: