Skip to content

FutureGov Informasi Pemerintah

Oktober 29, 2008

Kompas, Rabu, 29 Oktober 2008
Oleh Nawa Tunggal

Institusi pemerintah Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Nanggroe Aceh Darussalam dan Nias tahun ini sukses menyabet Government Technology Award tingkat Asia melalui proyek Recovery Aceh-Nias Database atau RAND dan Housing Geospatial.

”Dari 450 institusi pemerintahan di 15 negara di Asia yang masuk nominasi, Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias satu-satunya institusi pemerintahan dari Indonesia,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi BRR Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Nias Eddie R Darajat, Senin (20/10) di Jakarta. Penghargaan tersebut adalah sebuah penghargaan untuk kategori manajemen informasi.
Government Technology Award (GTA) diselenggarakan FutureGov dari Singapura setiap tahun sebagai lembaga penilai. GTA 2008 diselenggarakan di Hotel Grand Hyatt Bali, 15-17 Oktober 2008. Tentu saja, kegiatan GTA juga memuat kepentingan dunia industri, tetapi, hasilnya sangat membantu masyarakat untuk mengakses berbagai informasi yang mereka perlukan.

Contohnya, sistem teknologi informasi Database Pemulihan Aceh-Nias (RAN) dan Pemetaan Permukiman (Housing Geospatial) oleh BRR Aceh-Nias, dapat diakses melalui internet dengan situs rand.brr.go.id atau http://www.rand.brr.go.id. Hingga saat ini ada sebanyak 621 agen pemberi dana bantuan bagi rekonstruksi dan rehabilitasi pasca-tsunami 2004 di Aceh dan Nias. Jumlah dana sekitar 3,8 miliar dollar AS atau berkisar Rp 34,2 triliun (dengan kurs 1 dollar AS setara Rp 9.000).

Menurut Eddie, realisasi untuk rekonstruksi dan rehabilitasi Aceh-Nias hingga sekarang menelan dana 2,7 miliar dollar AS atau Rp 24,3 triliun. Nah, untuk mengetahui wujud rekonstruksi dan rehabilitasi di Aceh dan Nias, kini siapa pun di belahan bumi ini dapat mengakses informasi melalui internet, sepanjang jaringannya tersedia.

Gangguan akses
Pada Senin (27/10), situs rand.brr.go.id kebetulan tidak dapat diakses. ”Fiber optik di Banda Aceh tercangkul, putus. Saya sudah sampaikan kepada perusahaan bersangkutan agar segera diperbaiki,” kata Eddie. Dari situs rand.brr.go.id dapat dilihat data geospasial yang mencakup pembangunan berbagai infrastruktur yang dibangun. ”Bayangkan, sepanjang 800 kilometer garis pantai itulah yang terkena tsunami. Hampir sepanjang Pulau Jawa,” katanya.

Pada situs tersebut, jika kita menelusuri bidang permukiman di suatu wilayah kabupaten, kita bisa teruskan ke wilayah kecamatan dan desa, dan kita dapat menemukan peta permukiman.
Pada peta itu muncul kotak- kotak sebagai ilustrasi bangunan rumah hasil pencitraan satelit. Ketika di-klik salah satu kotak, tersaji informasi foto rumah, nama pemilik, dan sumber dana pembangunannya. Semua 621 agen pemberi dana bantuan pasca-tsunami itu pun dapat ditelusur satu per satu.
”Nama Allanis Morissette (penyanyi kelahiran Kanada) juga dapat ditemukan sebagai salah satu pemberi dana bantuan secara individual,” ujar Eddie.

Para pemenang GTA 2008 serta ratusan peserta institusi pemerintahan 15 negara itu menunjukkan kualitas pelayanan informasi publik serius dari pemerintah masing-masing.
Para pemenang GTA 2008, dengan 11 kategori, bisa menjadi gambaran kesungguhan pemerintah dalam menyajikan informasi bagi publik. Situs-situs internetnya dengan mudah bisa ditelusur melalui fasilitas mesin pencari, seperti google.com atau yahoo.com.

Pemenang kategori I, Technology Leadership, diraih Pemerintah Kota Marikina, Filipina, dengan proyek Marikina’s City Facility of Wireless. Jika kebetulan berada di Marikina, dengan laptop nirkabel, Anda tidak perlu khawatir akan tersesat. Pemerintah kota menyajikan situs Marikina yang akan memandu untuk kepentingan berbagai hal di kota itu, termasuk daftar nomor layanan pesan singkat atau SMS melalui seluler.

Pemenang kategori II, Connected Government, diraih Kementerian Pendidikan Singapura dengan proyek The School Cockpit. Anda dengan mudah bisa mendapat informasi berbagai jenjang sekolah serta beasiswa yang ada.

Pemenang kategori III, E-Government, diraih Central Provident Fund Singapura dalam proyek my cpf. Pemenang kategori IV, Wireless Government, oleh Kepolisian Diraja Malaysia dalam proyek C4i.
Situs kepolisian Malaysia ini sangat menarik. Salah satunya, polisi akan melayani aduan publik melalui situs internet Royal Malaysian Police Force itu.

Untuk kategori V, Information Management, dimenangi BRR Aceh-Nias. Pemenang kategori VI, Information Security, diraih Lembaga Ilmu dan Teknologi Pertahanan Singapura dalam proyek IAM Framework.
Pemerintah, di mana pun, adalah sebagai pemilik data terkaya mengenai ruang dan publiknya. Demi tujuan pelayanan untuk kesejahteraan publik, sudah saatnya pemerintah mengemas segala data yang dimilikinya agar menunjang berbagai informasi yang dibutuhkan publik. Untuk menyajikan informasi, teknologi bukan lagi kendala. Akan tetapi, kemauan pemerintah itulah kendala utamanya….

Iklan
One Comment leave one →
  1. Oktober 29, 2008 6:42 pm

    Selamat buat BRR dan Pemerintah RI. Memang tsunasmi membawa berkah untuk kita semua, termasuk dari medan – meroke.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: