Skip to content

Walikota Siantar Diusir Dewan

September 24, 2008

PEMATANGSIANTAR – Saat meninjau dan diduga hendak melaksanakan serah terima jabatan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Djasamen Saragih (RSUDS) Kota Pematangsiantar, Selasa (23/9), Walikota tanpa diduga diusir Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dengan suara keras dan menyuruh Walikota keluar dari RSUDS. Suara keras dan berbagai tindakan Ketua DPRD Lingga Napitupulu, BcEng membuat karyawan RSUDS, para pengunjung dan keluarga pasien berbondong-bondong menuju bangunan kantor Direktur RSUDS dan menonton aksi Ketua DPRD.

Rombongan Walikota Ir. RE. Siahaan di antaranya Wakil Walikota Drs. H. Imal Raya Harahap, Sekda Drs. James M. Lumbangaol, Asisten III Marihot Situmorang, SH, Kadis Pendapatan Resman Saragih, S.Sos, dr. Ronald H Saragih yang dilantik Walikota 2 September 2008 menggantikan Dr. Ria Novida Telaumbanua, MKes, Kakan Infokom Drs. Julham Situmorang dan Kakan Satpol PP Mahadin Sitanggang, SH cukup terkejut dengan suara keras Ketua DPRD.

Sebelumnya, rombongan Walikota lebih dulu sampai di RSUDS dan memasuki salah satu ruangan kantor Direktur RSUDS dan berbincang-bincang di satu ruangan dengan pejabat RSUDS. Tiba-tiba muncul rombongan Ketua DPRD di antaranya Wakil Ketua Ir. Saut H Simanjuntak, Ketua Komisi IV Drs. Maruli H Silitonga, Ketua Komisi II Dra Grace Christiane, anggota DPRD Drs. Aroni Zendrato, Achmad Mangantar Manik, Drs Jonni Siregar, Dapot PM Sagala, SH, Unung Simanjuntak, SH dan Pardamean Sihombing.

Informasi diterima menyebutkan kehadiran Walikota dan rombongan hendak melakukan serah terima secara paksa Direktur RSUDS, sedang rombongan Ketua DPRD hendak menggagalkan niat Walikota itu. Seperti diberitakan, Walikota melantik Dr. Ronald H Saragih sebagai Direktur RSUDS menggantikan Dr Ria Novida Telaumbanua, M.Kes pada 2 September 2008 . Namun, para dokter, perawat dan pegawai RSUDS menolak penggantian itu dengan berunjukrasa ke DPRD. Ketua DPRD menegaskan saat itu tidak ada penggantian Direktur RSUDS dan Dr. Ria masih tetap Direktur RSUDS. Sedang, Dr Ria merasa penggantian itu penghinaan terhadapnya hingga tetap bertahan di RSUDS dan Dr Ronald tidak bisa mengambil alih jabatan Direktur RSUDS.

Teriakan Ketua DPRD itu membuat Walikota terkejut dan keluar ruangan. Kadis Pendapatan Resman Saragih, SSos lebih dulu mendapat bentakan Ketua DPRD agar pegi dari RSUDS dan saat berhadapan dengan Walikota, Ketua DPRD langsung mengatakan agar mengurus pemerintahannya saja dan jangan ke RSUDS serta menyuruh Walikota dan rombongannya pergi. Walikota tidak meladeni Ketua DPRD dan segera berlalu meninjau beberapa ruangan di RSUDS.

Ketua DPRD yang ditanya tentang sikapnya itu mengatakan tidak ada mengusir Walikota, karena menurutnya Walikota dan Wakil Walikota sudah tidak ada lagi, karena diberhentikan DPRD sesuai hasil keputusan rapat parpurna DPRD baru-baru ini.

Sedang kedatangan pihak DPRD ke RSUD itu hendak melihat orang sakit. Jawaban Ketua Komisi IV DPRD lain lagi, menurutnya kedatangan mereka hendak meninjau bangunan liar di RSUDS. “Kami hendak meninjau bangunan liar di RSUDS, karena bangunan liar di RSUDS sudah lama diminta Komisi IV agar dibongkar.” Namun, ketika ditanya bangunan mana, Silitonga tidak menyebutkannya. Sedang Wakil Ketua Ir. Saut H Simanjuntak tidak memberi jawaban dan meminta agar menghubungi Ketua DPRD.

Walikota saat itu tidak berhasil dihubungi, karena langsung berangkat dengan pejabat lainnya, sedang Wakil Walikota sempat dihubungi dan mengatakan kedatangan mereka meninjau RSUDS. Ketika ditanya tentang penggantian Direktur RSUDS, Wakil Walikota langsung mengatakan “no comment.”
(ags/a14/cix)

Sumber: Harian Waspada Medan, Wednesday, 24 September 2008.

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: