Skip to content

Mengapa PP No.16/2010 Belum Ada di Internet?

Februari 19, 2010

Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sulit saya dapatkan di internet. Sudah saya cari di beberapa situs, di antaranya Departemen Dalam Negeri (alamat: http://www.depdagri.go.id), Sekretariat Negara (alamat: http://www.setneg.go.id), Legalitas (http://www.legalitas.org), dan bahkan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan (www.djpp.depkum ham.go.id), namun PP No.16/2010 tetap tidak ditemukan.

Yang menarik, di situs Sekretariat Negara, PP ini malah dilompati, dari PP No.14 melompat ke PP No.22. Untung, akhirnya PP No.16/2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ini bisa saya temukan…

Yang menjadi pertanyaan adalah: Mengapa PP yang ditunggu banyak orang, terutama anggota DPRD, Pemerintah daerah, event organizer, dan pengajar/narasumber ini sulit didapat, atau terlambar disebarluaskan oleh Pemerintah? Apakah ada faktor kepentingan pribadi pejabat di departemen/lembaga tersebut untuk emncari keuntungan finansial disebaliknya?

Tanyakan pada rumput yang bergoyang!

About these ads
21 Komentar leave one →
  1. Herman Kisman permalink
    Februari 20, 2010 1:31 pm

    kalo ditanya masalah kpentinggan yang jelas adalah! yang jadi masalah kepentingan siapakah itu?
    silahkan tanya pada rumput yang bergoyang

  2. Februari 20, 2010 6:31 pm

    Herman Kisman
    Kabarnya buku yang memuat PP No.16 ini sudah dijual dengan harga mahal…

  3. DPD PAN BMS permalink
    Februari 25, 2010 10:03 am

    Sama-sama mas, susah bener jadi orang yang pingin nyari kebenaran

  4. SKuP Bogor permalink
    Februari 26, 2010 11:04 am

    PP no 16 belum dapat diakses di internet karena banyak daerah yang bermasalah dengan pimpinan daerahnya. Mohon dibantu untuk skup bogor mendapatkan PP tersebut.

  5. Leny permalink
    Februari 26, 2010 12:51 pm

    Ass pak Syukriy,

    bener banget pak, saya udah ngider2 di laman2 yang biasa memuat peraturan, tapi ga ketemu..
    kalau bapak udah punya, boleh donk saya dikirimi..
    makasih, wass

  6. Jamal permalink
    Februari 26, 2010 4:27 pm

    bener sekali saya sdh cari tdk ktm jg PP no. 16 tahun 2010 padahal para anggota sangat memerlukan PP sebagai pedoman penyusunan tata tertib yg sdh tertunda sekian lama, terima kasih

  7. Februari 26, 2010 5:35 pm

    Rekan-rekan Pembaca
    Saya sudah mendapatkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ini. Silahkan diunduh dari link-link berikut ini:

    http://www.4shared.com/file/227098960/ecbe67f2/PP_16_2010_TATIB_DPRD.html

  8. Februari 26, 2010 8:03 pm

    untuk mencegah asumsi negatif terhadap pemerintah dihimbau agar PP 16/2010 disesuaikan amanah pasal 353 ayat 3 UU 27/2009 supaya pembentukan, susunan serta tugas dan wewenang alat kelengkapan DPRD diatur dalam Peraturan DPRD tentang Tata Tertib, sehingga indikasi campur tangan pemerintah dilembaga DPRD tidak menjadi kenyataan terutama mengenai alat kelengkapan DPRD yang berubah dari Panitia Anggaran/Musyawarah menjadi Badan Anggaran dan/atau Badan Musyawarah yang relevansinya tidak ada lagi istilah ex officio Pimpinan DPRD karena alat kelengkapan DPRD dimaksud sudah menjadi Badan yang memiliki unsur pimpinan sendiri dari dan oleh anggota DPRD dan hal ini juga mencegah imej negatif yang selama ini selalu menimbulkan konflik dalam lembaga DPRD serta menjauhkan para pimpinan DPRD dari ranah hukum sehingga semua keputusan dan kebijakan yang dilakukan dalam lembaga DPRD benar-benar hasil dari kesepakatan bersama.

  9. eko permalink
    Februari 27, 2010 4:48 pm

    alhamdulillah, saya udh punya… ada yang mau ?

  10. eko permalink
    Februari 27, 2010 4:52 pm

    menurut info resmi dari depdagri, pp 16 2010 yg resmi akan disebarluaskan via situs mulai senin 1 maret 2010, jd apabila ada yg mendptkan sbelum tgl 1 maret 2010, pp tsb msh ada kslahan fatal dlm psl2nya.

  11. Maret 3, 2010 10:03 am

    makasih mas abdullah

  12. Maret 5, 2010 10:48 am

    @Eko
    Kita semua memang selalu menunggu Depdagri memuat PP terbaru di situsnya, namun sampai saat ini belum ada. Aneh, kan? Kalau dicek di situs Depdagri hari ini (5 Maret 2010) maka yang bisa ditemukan adalah PP No. 14 meloncat ke PP No.17 (sebelumnya, dari 14 meloncat ke 22). Lumayan, ada penambahan…

    http://www.depdagri.go.id/produk-hukum/archieve/peraturan-pemerintah/tahun/2010.

    Silahkan dicek!

    Memang jadi semakin sulit memahami Depdagri…

  13. Harmanto permalink
    Maret 5, 2010 1:24 pm

    itulah INDONESIA,,

  14. Harmanto permalink
    Maret 5, 2010 1:40 pm

    Silahkan buka web Sekretariat Negara Republik Indonesia,, Insya Allah ada.

  15. intarto permalink
    Maret 6, 2010 11:50 am

    trims berat pak SUKRY utk PP 16 2010 – nya. saya juga sedang perlu banget nih …. semoga kebaikan bapak mendapat pahala sebesar2 nya amiiin…

  16. dek is permalink
    Maret 8, 2010 1:17 pm

    tetap aja susah ….. gmn sih caranya….???tlong dong ,,,,ada tugas ni………??? gpl yaaaaaa

  17. dek is permalink
    Maret 8, 2010 2:57 pm

    sekarang udah dapat kok data yang di igin kan …..mkasih ya pak?????

  18. Tanty permalink
    Maret 9, 2010 3:21 pm

    terima kasih pak syukry atas PP 16-nya….

  19. Widhy Hartono permalink
    Maret 14, 2010 10:02 pm

    saya dapatkan PP 16 dimaksud dari ASDEKSI (Asosiasi Sekretariat DPRD Kabupaten Indonesia), apakah isinya valid dan dapat dipertanggungjawabkan ya…?

    http://www.asdeksi.org/asdek03/

  20. WeeBee permalink
    Oktober 4, 2010 9:04 am

    Coba Masuk link ini gan…

    http://kpu.go.id/index.php?option=com_docman&task=cat_view&gid=21&Itemid=78

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 84 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: