Skip to content

Pemerintah Aceh Alokasikan Beasiswa Rp250 Miliar

Januari 20, 2010

Guna menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang handal di berbagai bidang, Pemerintah Aceh pada tahun 2010 mengalokasikan dana untuk beasiswa lebih besar lagi mencapai Rp250 miliar bagi putra-putri Aceh yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sementara tahun lalu hanya dianggarkan Rp109 miliar.

“Tahun 2009 kita memberikan beasiswa kepada mahasiswa Aceh baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri sebesar Rp109 miliar, pada tahun ini kita telah mengusulkan sebesar Rp250 miliar,” ujar Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar, kepada wartawan, Senin (11/1) malam.

Dijelaskan, jumlah beasiswa tersebut diusulkan meningkat 100 persen lebih dari tahun lalu, sebagian diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang kuliah dan telah mendapat beasiswa pada tahun 2008 dan 2009, sementara sisanya untuk mahasiswa baru yang diterima pada tahun 2010.

“Kita akan terus mengirim mahasiswa kita ke luar negeri untuk belajar di sana dan ilmu yang mereka dapatkan bisa memajukan Aceh khususnya untuk bidang pendidikan,” kata Nazar.

Ke depan, Pemerintah Aceh akan semakin memperketat jurusan yang akan diberikan beasiswa, seperti untuk bidang manejemen pendidikan, saat ini sudah sangat banyak, sehingga ke depan tidak diberikan lagi.

Nazar mengakui, pada tahun 2008 dan 2009, mahasiswa untuk S-2 yang banyak mendaftar dan mendapatkan beasiswa berasal dari Unsyiah dan IAIN Ar-Raniry, hal tersebut terjadi karena beberapa perguruan tinggi lain di Aceh belum bisa menguasai bahasa atau belum memiliki lembaga bahasa.

“Ke depan kita berharap mahasiswa dari perguruan tinggi lain juga bisa mengusulkan beasiswa karena untuk belajar bahasa membutuhkan waktu yang tidak lama, enam bulan sudah cukup untuk belajar bahasa,” ungkapnya.

Diikat MoU

Wagub menambahkan, semua penerima beasiswa diikat dengan nota kesepakatan (MoU) dengan Pemerintah Aceh dan setelah menyelesaikan pendidikannya harus kembali ke Aceh untuk memajukan daerah. Diharapkan, para mahasiswa Aceh penerima beasiswa, agar dapat belajar dari kesuksesan para mahasiswa Hongkong dalam melakukan studi lebih lanjut di perguruan tinggi.

Berdasarkan suatu penelitian pada tahun 1970 terhadap 50 mahasiswa Hongkong menunjukkan bahwa setelah 20 tahun kemudian, rata-rata para mahasiswa Hongkong tadi pada tahun 1990 umumnya telah menduduki posisi vital di sejumlah lembaga pemerintahan dan nonpemerintahan. Mereka umumnya hidup sejahtera dengan tingkat pendapatan yang sangat tinggi.

Sumber:   Pemprov Nanggroe Aceh Darussalam (15 Januari 2010)

33 Komentar leave one →
  1. Januari 21, 2010 9:22 am

    Setelah meraba-raba dan mengamati beberapa kali beasiswa Aceh ni, tidak banyak da kutengok anak Aceh Tenggara menikmatinya, apakah kurang merespon atau kurang tertarik. Untuk kedepannya perlu juga Pemkab Agara, mempertajam komunikasi apa bedanya beasiswa dari Provinsi dengan Beasiswa yang dikeluarkan Pemkab masing-masing.Sumber dananya, dan syarat terikatnya.Siapa tau lebih efektif Kutacane mengeluarkan untuk anak Agara.

    Te kune pe de wanaphun, cekhok kai pe. de mu , kalak cane godang ma memperoleh beasiswa asa sude Prof. Tinggal sebenarnya Mhs dari kocan tu familiar nggak sich dengan beginian, kalau mau memeproleh besiswa hrs dikejar dan kerja keras, soalnya pemberi beasiswa pun akan memilih milah yang mana yang terbaik untuk diberikan. Selamat beraktivitas..semoga anak cane bisa berkreasi walau tak dapat beasiswa…kl dapat disyukuri dan dimanfaatkan sebaiknya.salam kalibulan!!

  2. Januari 21, 2010 4:27 pm

    Itikad yang sangat bagus. Seharusnyalah semua pemda di seluruh Indonesia demikian, memberikan perhatian pada bidang Pendidikan dan Kesehatan juga. Karena dengan diberlakukannya UU otonomi daerah, suatu daerah akan maju dan berkembang bila pejabat di Pemda dan anggota DPRD satu pikiran untuk menyejahterakan rakyatnya.

    Tidak ada alasan/hambatan dalam pembangunan daerah karena dana. Karena dana dari Pusat sedemikian banyaknya seperti DAU (Dana Alokasi Umum), DAK (Dana Alokasi Khusus-bidang kesehatan,Pendidikan,infrastruktur dll), DBH (Dana Bagi Hasil- Pajak, Sumber Daya Alam, Pertambangan, Minyak dll).

    Seandainya pejabat di Pemda dan anggota DPRD mempunyai itikad yg baik dengan tidak memperkaya diri sendiri, dana mengelola dana dari Pusat dengan baik, saya yakin dan optimis Indonesia menjadi negara yang disegani dan makmur sejahtera. Jangan sampai kita mendengar lagi anak bangsa yang mengalami gizi buruk dan putus sekolah.

    Salam kenal. Heru Yudha Wisesa (BPK Perwakilan Bengkulu)

  3. aslem permalink
    Februari 8, 2010 10:26 am

    sebenarnya anggaran pendidikan tersebut sangat banyak.
    namun kenapa dan kenapa ketika kita mengajukan proposal beasiswa tidak ada respecknya bagi pemda khususnya takengon, kita sebagai mahasiswa sangat dan sangat memerlukan beasiswa tersebut untk melanjutkhan studi di luar daerah dan guna untuk membangun aceh kembali… tolong mahasiswa yang berada di luar daerah di perhatikan lagi.. bagi pemda

  4. birvlangit permalink
    Februari 20, 2010 1:17 pm

    mencari beasiswa layaknya aku mencari jarum patah dicelah celah kerikil cadas..sulitnyeeeeee

  5. Maret 4, 2010 5:30 pm

    tlg informasikan beasiswa gubernur NAD 2010.

  6. rama permalink
    Maret 6, 2010 2:43 pm

    aneuk naggroe,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    acehkaya aneuk aceh payah pajoeh bate …………
    meu pendidikan hana geubantu,,,,,
    ho ka peujabat aceh mandum,,,,
    le that aneuk aceh careng yang hana biaya,,,,
    tulong neu bantu,,,,
    teurimeng geunaseh,,,beu rayek tahat2…

  7. April 12, 2010 1:44 pm

    Saya mau nanya ne, gmn syarat2 untk urus beasiswa pemda aceh tahun 2010. Sy mhsw s1 y lagi skripsi,,,
    tlg ksh tau sy ya

  8. sarif permalink
    April 12, 2010 11:31 pm

    mate lah kau,,,,,,,,,,,,,,,,
    malet beasiswa
    garami ni kali bulan

  9. mira permalink
    April 26, 2010 9:36 am

    kapan beasiswa gubernur NAD 2010 di buka..?
    tolong informasinya donk……..

  10. M. Najur permalink
    Mei 25, 2010 11:09 pm

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Dengan Hormat,
    saya yang bertanda tangan dibawah ini :
    NamaM. Najur

  11. M. Najur permalink
    Mei 25, 2010 11:40 pm

    Perihal : Mohon Bantuan Beasiswa S2

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Dengan Hormat,
    Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
    nama : M. Najur
    TTL : Desa Sialang Kec. Kluet Selatan Aceh Selatan, 17 Agustus 1970
    Pekerjaan : Guru SMAN 1 Simpang Kanan kab. Aceh Singkil
    Alamat : Kampong Lipat Kajang Atas Kec. Simpang Kanan Kab. Aceh Singkil

    saya adalah mahasiswa pascasarjana UNIMED Jurusan Administrasi Pendidikan Angkatan XVII Tahun 2010. saya mendapatkan Surat Tugas Belajar dari Pemda Kab. Aceh Singkil yang ditanda tangani oleh Bupati Aceh Singkil Bapak H. Makmur Syahputra, SH, MM.
    Pada saat saya mengurus Surat Tugas Belajar tersbut saya pernah menandatangani surat pernyataan tidak meminta biaya kuliah pada Pemda Aceh singkil. Saya tidak merasa keberatan karena perhitungan awal saya sanggup untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan. memasuki semester II saat ini saya terancam keluar dari kuliah karena saya tidak mampu untuk membayar uang semester,.

    oleh karena itu saya bermohon kepada Bapak Gubernur Aceh agar sudi kiranya memberikan Beasiswa/bantuan Beasiswa kepada saya karena saat ini saya teramcam berhenti kuliah disebabkan tidak mampu membayar uang kuliah. Atas bantuan Bapak saya ucapkan terima kasih

    Wassalam
    Hormat saya

    M. Najur
    No. HP. 081269686873

  12. muhammad zubir permalink
    Juni 19, 2010 2:47 am

    Nama : MUHAMMAD ZUBIR
    ALAMAT & TTG :BATUPHAT TIMUR 08,FEBRUARI 1984 LHOKSEUMAWE
    saya lulusan Ti dari amikom yogyakarta dan sekarang sudah S1 dan saya mohon untuk bantuan dari pemerintah aceh untuk melanjutkan beasisawa s2 saya ke luar negeri,,
    terimakasih!

  13. muliadi permalink
    Juli 14, 2010 2:06 pm

    Nama : MULIADI
    TTG : MANE KAWAN, 30 JULI 1980 ACEH UTARA
    ALAMAT : GAMPONG MANE KAWAN KEC. SEUNUDDON KAB. ACEH UTARA
    Saya seorang PNS yang sedang Tugas Belajar dengan biaya sendiri dari pemda Aceh Utara. saya kuliah di pasca sarjana jurusan tehnologi pembelajaran di UNTIRTA Banten semester 2. saya mohon bantuan beasiswa dari Bapak Gebernur Aceh untuk bisa membantu saya untuk meringangkan biaya kuliah saya.
    terimakasih!
    Wassalam
    Hormat saya

    Muliadi
    No. HP. 085277002778

  14. Juli 23, 2010 2:52 pm

    NAMA : NOVA PURNAM LISA
    DOSEN TETAP UNIMAL – LHOKSEUMAWE
    saat ini saya sedang melanjutkan s2 di UGM. Mohon bantuan dana dari bapak Gubernur guna kelancaran Studi S2 saya…………..Mohon Bantuan Dari Bapak Gubernur Prov Aceh.

  15. oedfkipunsam permalink
    Agustus 16, 2010 2:27 pm

    Assalamualaikum
    Kami Mahasiswa/i Universitas Samudra Langsa
    ingin Menanyakan n sekaligus mengajukan Kapan Beasiswa untuk Mahasiswa di Seluruh Aceh khususnya Kota Langsa di realisasikan.,,.

    Wassalam.

  16. mapala permalink
    Agustus 17, 2010 2:37 pm

    ASSALAMUALAIKUM
    LESTARI………
    Kami segenap Pencinta Alam CAGAR MONISA UNSAM LANGSA, memohon kepada yang berwenang agar memberikan beasiswa untuk mahasiswa yang benar-benar kurang mampu dan yang berfrestasi. jangan famili 100 ja yg di berikan……

    wassalam

  17. faisal permalink
    Oktober 7, 2010 9:17 pm

    saya mau tanya bagai mana caranya untuk mengurus bea siswa tersebut saya barru menyelesaikan s1, tolong saya.
    terima kasih
    faisal al farisi
    hp 0811319062602

  18. SRI MERI SUSANTI permalink
    Oktober 11, 2010 11:25 pm

    mohon info yang lengkap tentang beasiswa nad tahun 2010 untuk mahasiswa S1

  19. Desember 5, 2010 2:28 pm

    ass?
    saya erki prasiska ingin sedikit argument,,,
    alamat saya kampong tulaan kec.gunung meriah kab.aceh singkil,,,
    mengapa data saya tak ada di dalam data pembagian bantuan beasiswa yang kuliah di luar daerah,,,smentara data telah saya kirim melalui DISPEN aceh singkil,pada bln agustus…!
    mohon di cek ulang data saya tersebut,
    nama:Erki prasiska
    ttl :blok 6 14,september 1990
    alamat: kp.tulaan dsn.I kec.gunung meriah
    kuliah: STMIK BUDIDARMA MEDAN
    NO/HP:081263431776

    Demikianlah sedikit argument saya,smoga Bapak bupati dapat membatu apa yang sedang saya argument skrg..
    terimakasih.

  20. Cut Nika Nurul Fadhillah permalink
    Januari 15, 2011 4:55 pm

    Assalamu’alaikum wr.wb.

    Pak Irwandi yang saya hormati,
    saya salah satu mahasiswi Aceh di Unsyiah,
    saya bingung pak dengan keadaan ekonomi keluarga saya,
    saya ingin terus melanjutkan kuliah saya,
    tapi keadaan ekonomi keluarga saya tidak mendukung,
    saya mohon bantuannya pak dalam bentuk beasiswa.
    terimakasih atas perhatiannya.
    no hp : 085260071399
    Wassalam

  21. Elvira Oktaria permalink
    Januari 15, 2011 5:02 pm

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Bapak yang saya hormati,
    Dengan kerendahan hati bapak saya seorang mahasiswi Unsyiah
    yang sedang mencipi bangku perkuliahan
    meminta bantuannya bapak dalam bentuk beasiswa
    karena kedaan ekonomi keluarga saya tidak mendukung untuk melanjutkan
    ke semester berikutnya.
    mohon perhatianyya pak, terimakasih.

    no. hp. 081362816491
    wassalam

  22. Akmal hanif permalink
    Februari 24, 2011 10:55 am

    pak gubernur yang erhormat.
    saya adalah mahasiswa UNMUHA.
    saya pengen sekali menyelesaikan kuliah saya.
    tapi keuangan yang dimiliki keluarga saya kurang mampu.saya mohon kepada pak gubernun untuk sudi kiranya membantu saya.
    terimakasih
    no hp:085265304578

  23. hidayatullah permalink
    Maret 28, 2011 6:12 pm

    ass……………
    kepada bapak terhormat yang mempunyai wewenang di aceh, tolong lah bantuannya kepada kami mahasiswa yang kuliyah d luar daerah provinsi nangroe aceh darusalam(NAD), dan selama saya kuliyah d medan saya tidak pernah mendengar ada beasiswa NAD, apa karna tidak ada anggaran buat mahasiswa pa

  24. hidayatullah permalink
    Maret 28, 2011 6:14 pm

    ass……………
    kepada bapak terhormat yang mempunyai wewenang di aceh, tolong lah bantuannya kepada kami mahasiswa yang kuliyah d luar daerah provinsi nangroe aceh darusalam(NAD), dan selama saya kuliyah d medan saya tidak pernah mendengar ada beasiswa NAD, apa karna tidak ada anggaran buat mahasiswa pak………………..
    sekian terima kasih……………..

  25. hidayatullah permalink
    Maret 28, 2011 6:14 pm

    ass……………
    kepada bapak terhormat yang mempunyai wewenang di aceh, tolong lah bantuannya kepada kami mahasiswa yang kuliyah d luar daerah provinsi nangroe aceh darusalam(NAD), dan selama saya kuliyah d medan saya tidak pernah mendengar ada beasiswa NAD, apa karna tidak ada anggaran buat mahasiswa pak………………..
    sekian terima kasih……………..
    no hp:o85275553063

  26. khairiana permalink
    Mei 7, 2011 12:19 pm

    Asslamualaikum
    kpd Bapak yg terhormat, saya adalah mahasiswi politeknik lp3i medan jurusan Administrasi bisnis semester 1, pak apa tidak ada kesempatan beasiswa untuk kami yang kuliah di politeknik yang mengambil D3, saya tau orang tua saya tidak mampu membiayai saya untuk semester 3 ini, tapi tekad saya untuk kuliah sangat besar… mohon penjelasan nya pak.

  27. khairiana permalink
    Mei 7, 2011 12:21 pm

    Asslamualaikum
    kpd Bapak yg terhormat, saya adalah mahasiswi politeknik lp3i medan jurusan Administrasi bisnis semester 2, pak apa tidak ada kesempatan beasiswa untuk kami yang kuliah di politeknik yang mengambil D3, saya tau orang tua saya tidak mampu membiayai saya untuk semester 3 ini, tapi tekad saya untuk kuliah sangat besar… mohon penjelasan nya pak.

    perhatikan lah kami yang kuliah diluar daerah ini pak..
    no HP: 085213025346

  28. Nawar Bireuen permalink
    Juni 22, 2011 11:44 pm

    Kajok Keu aneuk ma keuh manteng

  29. November 19, 2011 4:25 pm

    kami orang kaya gak butuh beasiswa,,,,,,,,,,,

  30. Oktober 8, 2012 10:58 am

    assalamu’alaikum
    dengan tidak mengurangi raSa hormat saya FITRIA ULFA dari UNIMUS Matangglumpangdua yang sedang menduduki bangku perkuliahan dari anak yatim dan keluarga kurang mampu. saya ingin perhatian bapak supaya saya di beri kesempatan untuk mencicipi beasiswa ini untuk menyambung perkuliahan saya yang terhalangi oleh ekonomi yang saya alami sekarang ini…..

    wassalam.. :)

    085361389067

  31. Murni permalink
    Februari 2, 2013 9:23 am

    saya membutuhkan beasiswa untuk tahun ini,untuk menyambung kuliah saya tolong di informasikan @unyrahmawati, TERIMAKSIH

  32. ida mulyani permalink
    Februari 8, 2013 11:10 am

    asalammualaikum wr wb …..
    kepada yth, Bapak
    saya mahasiswi akademi farmasi Banda Aceh sekarang tengah menyusun KTI ,namun orang tua saya kurang mampu membiayai kuliah . atas dari itu saya meminta tolong kepada bapak agar bisa membantu saya dalam menyelesaikan tugas akhir ini .
    saya tolong di berikan informasinya 085277081170.sebelumnya saya ucapkan ter
    ima kasih ………

  33. Februari 8, 2013 11:23 am

    assalamua’alaikum wr.wb
    saya mahasiswi AKADEMI FARMASI Banda Aceh, saya mahasisiwi kurang mampu yang pekerjaan orang tua saya seorang petani yang penghasilannya tidak mencukupi karena saya mempunyai delapan bersaudara, saat ini saya sedang menyelesaikan tugas akhir. oleh karena itu saya memohon kepada bapak agar senantiasa bisa membantu saya dalam menyelesaikan tugas akhir ini, tolong berikan informasi melalui email saya zikriah@ymail.com. saya ucapkan terima kasih.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 84 pengikut lainnya.

