Skip to content

SNA 12 Palembang dan Riset Akuntansi Sektor Publik

November 8, 2009

Pelaksanaan SNA ke-12 Palembang telah selesai. Dalam acara penutupan, Ibu Khomsiyah dari Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd) telah pula menyebutkan empat makalah terbaik, yang ditulis oleh dosen/peneliti dari empat universitas, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (Unibraw), dan Universitas Mercu Buana (UMB).

Yang menarik, tidak ada makalah dari topik akuntansi sektor publik (ASP) yang menjadi makalah terbaik. Secara sederhana hal ini dapat dimaknai sebagai sebuah ironi mengingat tema SNA kali ini adalah Peranan Pendidikan Akuntansi Sektor Publik dalam Meningkatkan Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Negara.

Dalam pandangan saya, ada beberapa alasan yang menyebabkan rendahnya “kualitas” makalah dari kelompok ASP ini, yakni:

  • Isu yang tidak menarik.
  • Landasan teori yang tidak kuat
  • Metodologi yang tidak tepat.
  • Kontribusi penelitian yang rendah.

Apakah Riset dalam Bidang Akuntansi Sektor Publik Sulit?

Seperti halnya penelitian dalam bidang akuntansi yang lain, penelitian ASP juga berhadapan pada beberapa persoalan, seperti:

  1. Ide penelitian. Menemukan ide penelitian memang gampang-gampang susah. Ada yang beranggapan isu dan data diperoleh dulu baru kemudian dicarikan referensi dan landasan teorinya.  Ada juga yang berpandangan sebaliknya. Untuk ASP, ide penelitian masih terfokus pada penganggaran karena untuk akuntansi keuangan sendiri (misalnya dengan menganalisis rekening-rekening (accounts) dalam laporan keuangan Pemda) masih sangat terbatas sumber data dan referensinya.
  2. Data. Ketersediaan data bianya menjadi masalah utama dalam riset ASP. Laporan keuangan Pemda yang sudah diaudit BPK-RI saja belum tentu bisa diperoleh peneliti, apalagi dokumen-dokumen anggaran. Namun, di situs Badan Pemeriksan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI), dengan alamat http://www.bpk.go.id, laporan hasil pemeriksaan (LHP) bisa didonlod. Dalam LHP tersebut dilampirkan ringkasan LK Pemda yang diaudit dan temuan2 penting audit.
  3. Alat analisis. Menggunakan alat untuk menguji perbedaan, korelasi, atau pengaruh (regresi) sangat jamak digunakan dalam studi ASP. Berbeda dengan bidang keuangan dan pasar modal yang telah memiliki beragam pendekatan penelitian dan alat statistik, pengembangan alat statistik dalam riset ASP “belum dimulai”. Masih digunakan alata analisis yang “sederhaa”.
  4. Kontribusi penelitian. Kontribusi penelitian ASP masih sangat rendah. Beberapa peneliti tidak memahami substansi dan praktik yang terjadi di lapangan, terutama di lembaga pemerintahan (pusat dan daerah). Akibatnya, kontribusi yang diberikan cenderung normatif dan tidak aplikatif.

Bagaimana Arah Riset ASP ke Depan?

Ada beberapa isu penting yang bisa dikembangkan dalam riset ASP pada masa mendatang, khususnya dengan objek pemerintahan daerah, yakni:

  • Proses penyusunan anggaran. Data yang tersedia dalam penganggaran sebenarnya sangat banyak, baik data archival (sekunder, maupun data primer (terutama dengan menggunakan kuisioner). Aspek keperilakuan dalam penganggaran sangat dominan, termasuk dilatarbelakangi dengan kepentingan politik dan pribadi (agency problems).
  • Pelaksanaan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan. Ada sebagian aparatur daerah beranggapan bahwa akuntansi tidak dibutuhkan. Software yang disediakan konsultan keuangan Pemda telah menggantikan fungsi akuntansi sebagai penyedia informasi keuangan berupa laporan keuangan (LK). Apakah yang menjadi penyebab pandangan seperti ini muncul? Seberapa jauh aparatur daerah memahami fungsi akuntansi di SKPD? Apakah ini bukan merupakan bentuk dari resistensi (karena tidak ingin mempelajari sesuatu yang baru, emskipun sebenarnya sangat bermanfaat)?
  • Analisis laporan keuangan. Analisis atas rasio-rasio keuangan dari LK Pemerintah tentu berbeda dengan LK bisnis. “Pembentukan” suatu rasio tentu harus dilandasi dengan pemahaman teori dan konsep yang baik, sehingga rasio-rasio yang dianalisis memang memiliki “bunyi” dan “isi”. Penafsiran atas rasio-rasio keuangan Pemda berbeda, bahkan sangat berbeda, dengan rasio-rasio keuangan perusahaan, tak terkecuali perusahaan daerah/BUMD.
  • Kebijakan akuntansi. Kebijakan akuntansi pada prinsipnya merupakan rambu-rambu yang dibuat untuk memudahkan aparatur daerah di SKPD dalam menyusun LK SKPD. Oleh karena Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) tidak bisa diterapkan seluruhnya, maka kebijakan akuntansi merupakan penjabaran tentang SAP yang aplikatif untuk Pemda (dan SKPD-nya). Namun, substansi kebijakan akuntansi, persepsi dan sikap aparatur daerah terhadap keberadaan kebijakan ini berlum tergali dengan baik.
  • Perilaku aparatur daerah yang menjadi pelaksana akuntansi. Akuntansi sering dipandang enteng oleh aparatur daerah sebagai subjek yang tidak perlu. Akuntansi hanyalah untuk penyusunan laporan keuangan SKPD, yang kemudian digabungkan menjadi LK Pemda. Proses akuntansi dianggap mudah karena bisa diselesaikan oleh komputer yang telah dicangkokkan software akuntansi. Artinya, ada persepsi dan sikap yang keliru terhadap akuntansi keuangan daerah.
About these ads
10 Komentar leave one →
  1. Diah Ekaningtias permalink
    November 9, 2009 5:24 pm

    Bpk Sukry Yth.
    Saya mhs S3 unair sedang menulis disertasi ttg akuntansi sektor publik khususnya menganai anggaran. Mhn bantuan untuk memberi jurnal ttg anggaran baik dalam maupun luar negeri. Terima kasih atas bantuannya. Email saya Diah_Ekaningtias@yahoo.com. Wass

  2. syukriy permalink*
    November 10, 2009 5:35 am

    @Diah Ekaningtias
    Sangat banyak artikel sektor publik yang bisa dicari di internet, misalnya lewat Om Gugel. Namun, memang butuh kesabaran untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya melalui situs Social Science Reaearch Network/SSRN (www.ssrn.com).

    Di halaman referensi di blog ini (http://syukriy.wordpress.com/referensi/) saya mencantumkan links beberapa artikel sektor publik, yang menurut saya agak sulit ditemukan di internet (biasanya harus berlangganan atau membeli per artikel).
    Jika anda membutuhkan yang di luar itu, mohon dikirim via email secara lebih spesifik dengan menyebutkan nama penulis, tahun, judul, dan nama jurnal yang memuatnya, ke: syukriy_abdullah@yahoo.com.
    Saya akan coba carikan.

    Terima kasih.

  3. anyta permalink
    November 11, 2009 10:31 pm

    assalamualikum pak syukriy,
    saya sangat butuh contoh kuesioner yg berhubungan dengan akt sektor publik pak,,terutama kuesioner ttg transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah..
    bisa tolong e mail ke saya pak?
    anyta@student.undip.ac.id

    syukron

  4. tiara permalink
    Desember 13, 2009 12:20 pm

    assalamualaikum, bapak minta tolong kirimkan makalah ibu Heni Susantih (SNA 12) tentang Perbandingan Indikator Kinerja Keuangan Pemerintah Provinsi se-Sumatra Bagian Selatan ke email saYa. jazakallah.

  5. sudiasa indrawan permalink
    Desember 16, 2009 2:05 pm

    pak saya mau nanya mengenai kinerja keuangan daerah apa saja indikator selain anggaran dan rasio2,,karena saya meneliti menggunakan data primer kualitatif dan belum menemukan indikator yang cocok!!!!tolong di balazzzzz

  6. yusinta permalink
    Januari 13, 2010 1:20 pm

    BAGUS JUGA….TAPI KLO BISA TOPIKNYA LEBIH KHUSUS…MISALNYA DI MUAT CONTOH SKRIPSI MASALAH PENDIDIKAN, YANG SAMPAI SAATINI MASIH JD MASALAH DI NEGARA INDONESIA. TQ

  7. restu permalink
    Januari 21, 2010 7:09 pm

    PAk Sukry
    penelitian tentang ASP sebenarnya sangat menarik, tetapi di aparat Pemda sendiri sepertinya tidak paha makan ASP tsb.
    bagaimana caranya agar ASP ini dibuat menarik utk pejabat2 Pemda, mhn sarannya

  8. Februari 1, 2010 3:16 pm

    Numpang baca lagi :)

  9. kiki permalink
    September 28, 2012 8:37 am

    pak, saya mahasiswa s1 akuntansi yang akan membuat skripsi mengenai akuntansi sektor publik. tetapi saya merasa kesulitan untuk menemukan judul beserta referensi jurnalnya.
    apa bapak mempunyai beberapa judul beserta referensi?
    terima kasih

  10. ratna hendra sari permalink
    Juni 15, 2013 6:05 pm

    Bpk Sukry, Yth.
    Sy mahasiswa S2 Unila yg sedang menulis tesis tentang Akuntansi Sektor Publik khususnya Akuntabilitas dan Transparansi, rencananya menggunakan data primer kualitatif, Mohon bantuan untuk memberi kuisioner dan jurnal2 tentang Transparansi dan Akuntabilitas dalam Laporan Keuangan Daerah. Terima kasih atas bantuannya sebelumnya. Email saya : ratna.diknas@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 80 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: