Skip to content

BLUD-Rumah Sakit Umum Daerah

Oktober 20, 2008

Pendahuluan

Sabtu (18 Oktober 2008) saya memperoleh fotocopy Modul Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Cetakan Pertama Tahun 2008, copyright Departemen Dalam Negeri (Depdagri), selanjutnya disingkat Modul BLUD-RSUD, dari seorang teman. Modul ini menjadi sangat penting mengingat banyak sekali rekan-rekan dari Pemda yang membutuhkan referensi dan contoh konkrit untuk diaplikasikan di Daerah. Setelah saya cermati dan pelajari sedikit mendalam, ternyata modul ini membutuhkan penambahan, pengurangan, koreksi, dan pengembangan lebih jauh. Dalam tulisan ini, saya mencoba memberikan seidikit analisis terhadap materi sosialisasi dan pelatihan yang telah dilaksanakan oleh Depdagri ini. Mohon ditambahkan, dikoreksi, dan dikomentari oleh rekan-rekan pembaca. Terima kasih.

Tim penyusun modul ini terdiri dari Laksono Trisnantoro, Kuntjoro Adi Purjanto, Ni Luh Putu Eka, Indro Baskoro, Bejo Mulyono, Hanna Permana Subanegara, Yos Hendra, Sofwan Dahlan, Soepratignyo, Tjahjono Kuntjoro, Heru Ariyadi, Syahruddin, dan Widiyas Hidayanto. Modul BLUD terdiri dari 5 Modul, yakni Modul 1: Kriteria BLUD (2 bab), Modul 2: Rencana strategis Bisnis dan Rencana Bisnis Anggaran (8 bab), Modul 3: Tata Kelola (10 bab), Modul 4: Standar Pelayanan Minimal (5 bab), dan Modul 5: Sistem Akuntansi & Keuangan.

Ringkasan dan Komentara atas Isi Setiap Modul

  1. Modul 1: Kriteria BLUD. Referensi utama modul ini adalah Permendagri No.61/2007 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah dan SE Mendagri No.900/2759/SJ. Disebutkan bahwa inti dari Permendagri No.61 adalah agara SKPD arau unit kerja pada SKPD yang memberi pelayanan kepada publik memiliki sistem manajemen yang baik, transparan dan akuntabel serta mampu menghasilkan pelayanan/barang bermutu bagi penggunanya. Dalam modul ini dijelaskan maksud dan tujuan kriteria penilaian, prosedur penilaian, prosedur pengajuan, dan persyarata administratif. (Halaman 1-18)
  2. Modul 2: Rencana strategis Bisnis dan Rencana Bisnis Anggaran. Modul ini dibagi ke dalam 8 topik bahasan, yakni pengenalan rencana strategi bisnis, daignosis organisasi, indikator, pengembangan strategi untuk meraih pengguna langsung, menggali subsidi dan dana kemanusiaan, rencana pemasaran, rencana manajemen, rencana keuangan, dan rencan bisnis anggaran. (Halaman 19-80)
  3. Modul 3: Tata Kelola. Modul ini dibagi ke dalam 10 bab, plus referensi. Referensi utama yang digunakan (karena dikutif secara ekplisit, sementara referensi yang lainnya tidak dikutip) adalah Mas Achmad Daniri (2005), Good Corporate Governance: Konsep dan Penerapannya dalam Konteks Indonesia. (Halaman 81-130)
  4. Modul 4: Standar Pelayanan Minimal. Modul ini dibagi ke dalam 5 bab, plus referensi. (Halaman 131-150)
  5. Modul 5: Sistem Akuntansi & Keuangan. Modul ini dibagi ke dalam 8 bab, plus referensi. (Halaman 151-261)

Komentar Secara Umum

Kehadiran Modul Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah (Modul BLUD-RSUD) ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban Depdagri terhadap konsep-konsep pengelolaan keuangan daerah dan pelayanan publik “yang didaerahkan” yang telah dikembangkan sebagai upaya “untuk mendekatkan service providers (baca: pemerintah) dengan masyarakat”. Hal ini patut mendapat apresiasi dari semua kalangan karena dapat memberikan gambaran awal tentang apa BLUD, khususnya BLUD-RSUD, yang sesungguhnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni:

  1. Kesesuaian dengan kebutuhan di Daerah. Penjelasan dalam Modul BLUD-RSUD ini masih kurang “membumi” alias terlalu akademis. Yang dibutuhkan daerah sebenarnya adalah guidance atau modul yang bersifat how to (bagaimana melakukan). Jadi, bukan modul yang terlalu teoritis. Sebagai contoh adalah Modul 5: Sistem Akuntansi dan Keuangan. Semestinya dijelaskan beberapa hal penting seperi: perbedaan akuntansi BLUD dengan SKPD dan BUMD, mekanisme penyusunan laporan keuangan BLUD dan pengkonsolidasiannya ke dalam laporan keuangan Pemda, contoh-contoh pencatatan/penjurnalan, keterkaitan antara Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang diterbitkan IAI (Ikatan Akuntans Indonesia) dengan Standar Akuntansi Pemerintahan/SAP yang disusun KSAP (Komite Standar Akuntansi Pemerintahan) dan diterbitkan dalam bentuk Peraturan Pemerintah No.24/2005, dan sedikit analsis terhadap laporan keuangan BLUD.
  2. Penjabaran peraturan perundangan yang sulit dipahami. Meskipun Depdagri telah menerbitkan Permendagri No.61/2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah, modul ini tidak menjelaskan implikasi secara teknis terhadap sistem akuntansi di BLUD. Pasal 26 ayat 4 Permendagri 61/2007 menyatakan:  BLU mengembangkan dan menerapkan sistem akuntansi dengan mengacu pada standar akuntansi yang berlaku sesuai dengan jenis layanannya dan ditetapkan oleh gubernur/bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya. Alangkah baiknya modul ini memberi gambaran tentang konsep yang harus dikembangkan dalam bentuk Surat Keputusan/Peraturan Kepala Daerah tentang Sistem Akuntansi BLUD-RSUD.
77 Komentar leave one →
  1. Manda permalink
    Oktober 30, 2008 11:19 am

    Terima kasih, mas sudah menginformasikan adanya modul yg berkaitan dgn BLUD, seterusnya bagaimana agar saya juga dapat memperoleh modul2 tersebut ? Apakah mas punya soft copy nya ? Kalau hanya hard copy, bgm ya supaya saya mendapatkannya ? Terima kasih sekali lagi.

  2. devi permalink
    November 7, 2008 8:17 pm

    Tx, bagaimana agar saya juga bisa mendapatkan modul2 tsbt?

  3. November 9, 2008 9:34 am

    @Manda, @Devi
    Pertanyaannya sulit dijawab. Seemstinya orang Depdagri yang menjawabnya:
    1. Mengapa modul ini susah didapat?
    2. Apakah sosialisasinya memang tertutup dna hanya untuk peserta yang membayar kontribusi?

  4. Yos Hendra permalink
    Desember 4, 2008 10:29 pm

    Salam kenal Pak Syukry…

    Saya tau blog bapak dari Pak Arief. saya sangat senang kita bisa berdiskusi mengenai BLUD pak. Terimakasih

  5. Dewanto permalink
    Desember 5, 2008 10:05 pm

    Saya sudah baca, modul itu versi ARSADA kurang melibatkan pihak yang memahami sistem keuangan negara yaitu bersifat budgetary accounting. Akuntansi harus dipahami dari mulai perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban yang sangat berbeda dengan akuntansi sektor privat. Saya kawatir dengan modul itu akan banyak BLUD mempersepsikan fleksibilitas dengan melakukan praktik non budgeter dan melakukan praktik KSO yang menyalahi kaidah-kaidah pengelolaan keuangan negara.

  6. Desember 6, 2008 7:36 am

    @Yos Hendra
    Terima kasih atas kunjungannya ke blog ini, pak. Modulnya akan saya copy-kan untuk pak Arief. Mohon ma’af, kemarin saya terburu-buru mesti berangkat “ngamen” ke luar kota. Hehehehe…

    @Dewanto
    Betul sekali, pak. Saya juga memiliki kekuatiran yang sama dengan anda. Dalam modul ini seolah-olah BLUD dipisahkan dengan keuangan daerah, yang pada intinya terfokus pada APBD. Dalam pengelolaan keuangan daerah kita mengenal istilah budgetary accounting, disiplin anggaran, kebijakan fiskal, rekening kas daerah, BUD, dan SKPD yang semuanya terpusat pada satu aturan: menggunakan dan didasarkan pada anggaran. Artinya, tidak ada lagi alokasi non-budgeter, kecuali dana pihak ketiga yang juga harus dilaporkan dalam Laporan Arus Kas dan Neraca (meskipun tidak masuk LRA).

  7. Dewanto permalink
    Desember 6, 2008 9:13 am

    Makasih.BLUD adalah tidak wajib setor namun tetap wajib lapor pendapatannya sbg PAD , masalahnya beberapa RS misalnya, tidak demikian pendapatannya dipotong ditengah jalan dan tidak dilaporkan baik pendapatan maupun biayanya (ini non budgeter).Belum lagi ada KSO antar RS dengan dokter RS (ini perjanjian antar siapa dg siapa?). Modul BLUD sebagai panduan menyususn sistem (strategic,tactic and operational) belum memenuhi prisip-prinsip-prinsip pengendalian internal yang baik terutama fraud prevention, yg saat ini sedang dan masih terjadi.

  8. Yos Hendra permalink
    Januari 8, 2009 4:41 pm

    @Dewanto dan @Syukriy
    Terimakasih bapak-bapak atas komentarnya untuk modul BLUD. Modul ini memang ditujukan untuk memenuhi persyaratan SKPD untuk melaksanakan PPK- BLUD, jadi bukan untuk fungsi pengendalian apalagi fraud prevention.
    Untuk Pak Dewanto, mohon maaf pak, apa ada kejadian RS tidak melaporkan pendapatan dan Biaya?

  9. Januari 15, 2009 10:46 am

    Mas, apakah saya bisa mendapatkan softcopy SE Mendagri No.900/2759/SJ.?
    katanya ada format untuk membuat Rencana Strategis Bisnis BLUD?

    salam.

    Bram

  10. Januari 18, 2009 6:25 pm

    Yth Bapak-bapak sekalian, mohon ijin saya ikut nimbrung.
    @ Pak Syukri; seharusnya modul ini tidak sulit didapat. Kami kebetulan punya hard-copy dan sudah mendapat ijin dari Depdagri bahwa siapapun yg ingin meng-copy modul tersebut dipersilahkan secara bebas. Jika ada yang membutuhkan silahkan menghubungi kami, atau bisa kontak langsung dengan Pak Bejo Mulyono dari BAKD-Depdagri.

    @ Pak Dewanto; sepemahaman saya hakekat BLUD adalah utk meningkatkan mutu pelayanan, & utk itu diperlukan pendanaan yg kuat. Pendanaan ini dapat berasal dari pemerintah maupun sumber2 lain termasuk kerjasama dg pihak ketiga. Yg penting adalah instansi ybs bisa mempertanggungjawabkan melalui sistemnya yg transparan, akuntabel, auditable, dll sesuai prinsip2 BLUD. Jika ada BLU(D) yg tidak melaporkan pendapatannya, tentu itu menyalahi prinsip transparansi dan akuntabel tadi.

  11. Januari 24, 2009 7:11 pm

    Maaf ikut gabung memang yg sy tahu ini semua dibisniskan oleh “oknum” dalam bentuk pelatihan BLUD dng pihak ketiga, shg semuanya harus serba bayar termasuk modulnya.

  12. amunajat permalink
    Januari 28, 2009 8:52 pm

    kami ingin mendapatkan modul tersebut sebagai bahan penyusunan blud di rsud, mohon bantuan pak syukriy dan rekan-rekan penyusun kiranya kami dapat mendapatkan kontak person untuk modul tersebut, trimakasih

  13. Februari 6, 2009 1:37 pm

    isi modul tsb sudah pakem apa masih uji coba ya pak ??? kl sdh pakem mbok ya kita bisa akses, dimana ???

  14. Februari 6, 2009 1:55 pm

    Nyuwu sewu nambah, kita sdh sering mendapat format2 RBA, Tata Kelola, dll tapi rasanya setelah kita adopsi dan rubah sana sini menyesuaikan kondisi RS setempat masih terasa belum bisa mengcover dan menjadi payung hukum yang aman bagi rencana BLUD kita. Berkali2 mendapat format terbaru dg membeli dg ikut Bimtek tp perub cuman sedikit dan kurang memuaskan. Pengennya kita para pakar dlm hal ini ARSADA membawa ini menjadi sesuatu yg sudah benar alias PAKEM dg mengkosolidasikan dengan pakar hukum dan keuangan juga. minta tlg Pak Sykriy memfasilitasi ini bisa kah ?!

  15. Februari 19, 2009 2:40 pm

    Kalau ada softcopynya sharing ya , sorry sudah lama kita tidak ketemu, kapan-kapan saya ke rumah, salam dari bu Noor dan Pak hakim, email di mazheroe@gmail.com tak tunggu boss

  16. syukriy permalink*
    Februari 20, 2009 2:24 pm

    @Heru
    Terima kasih atas kunjungannya, pak Heru.
    Mudah2an secepatnya kita bisas berdiskusi lagi. Pak Muhtar sepertinya sibuk terus di Departemen Keuangan…

  17. heru mutiyono permalink
    Februari 24, 2009 8:56 am

    Sepertinya BLUnya pak Muhtar sudah OK, skrg lagi bahas RBAnya, dan kita dang diskusi rancangan sistem akuntansinya, dan saya juga lagi fokus ke pengembangan SPIP dalam kerangka manajemen sektor publik, aku sdh lihat postingannya di scribd.com, dan saya sudah kangen dengan ayam gorengnya boss.

  18. syukriy permalink*
    Februari 24, 2009 1:10 pm

    @Heru Mutiyono
    Mantap, bos. Mari kita kembangkan bersama-sama.

  19. kajiansektorpublik permalink
    Maret 11, 2009 11:54 am

    Pak saya buka blog baru, nanti kita bisa saling tukar informasi di sektor publik, mungkin pengembangan akuntansi untuk BHP di semua jenjang sangat menarik. Untuk BLU saya lagi mempelajari Peraturan Menkeu no 76/2008 khususnya bagaimana menkorversi akun BLU dengan akun SAK sesuai dengan PSAK 45, Heru Mutiyono

  20. Reno permalink
    Maret 26, 2009 6:03 pm

    P Bagaimana pengakuan pendapatan dan belanja blud untuk pelaporan ke PEMDA mengingat untuk BLUD pendapatannya disimpan di rekening BLUD bukan di kas daerah. P kalau boleh, minta contoh blanko dokumen2 BLUD semisal blangko dokumen RBA.
    Terimakasih

  21. yuki permalink
    April 15, 2009 10:36 am

    mas…saya ingin tahu se 900/2597/sj…kok penjumlahan dan kolom gak nyambung ya..apa yg saya dapat (PDF) kurang lengkap atau gmn? kalo ada yang lengkap se tersebut bisa saya dibantu..terima kasih mas..

  22. ENAL permalink
    April 21, 2009 11:04 pm

    mas, hari ini saya di tunjuk jadi ketua panitia intern untuk mempersiapkan rsud tempat saya bekerja menjadi BLUD, bingung mulai dari mana, sarannya please………,

  23. tris rembang permalink
    April 25, 2009 9:43 am

    pak,rsu rembang mau blud dan dokumen pengelolaan keuangan pokok tahun 2007,2008 sdh direviu bpkp smrg dan sdh selesai tetapi sy masih kesulitan untuk pedoman akuntansi rs lain yg sdh jalan,trim

  24. fajar permalink
    Mei 13, 2009 1:32 pm

    aslm,
    Pak Syukriy Abdullah perkenalkan saya fajar, saya mahasiswa STAN jakarta. Sekarang saya sedang menyusun KTTA tentang penyusunan sistem BLU kampus saya tepatnya untuk sistem penjualan dan penerimaan kas nya. Saya mengalami kesulitan dalam mencari modul BLU. saya sangat berharap Bapak dapat membantu saya mengirimkan modul BLU via e-mail saya: adriansyah.fajar@yahoo.co.id.
    TERIMAKASIH.

  25. anto permalink
    Juni 3, 2009 11:22 pm

    aslm,
    Pak Syukriy perkenalkan saya mahasiswa Unikal Pekalongan saat ini saya sedang membuat skripsi dengan isu BLUD tsb karna BLUD itu masih baru kiranya Pak Syukriy bisa membantu saya mengirimkan modul tsb vi email saya:antopkl@gmail.com.Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih

  26. bjuliardi permalink
    Juni 5, 2009 10:30 pm

    apa modul blud ini bisa diterapkan selain untuk rsud saja, semisal unit unit kerja pemerintah yang lain? karena saya melihat pembuatan peraturan mendagri yang mengatur tentang blud ini tidak menyebutkan secara spesifik tentang satu unit di pemerindahan daerah. terakhir apa bisa saya mendapatkan saftcopy dan atau modul blud yang bapak punya? terima kasih. bambang juliardi, bjuliardi@yahoo.co.id/gmail.com

  27. arif permalink
    Juni 9, 2009 3:45 pm

    Mau tanya dikit ya, mengenai tata kelola. Kalau di BLUD posisi DPRD itu lebih tepat sebagai Pemegang Saham atau Steakholder? terus jika pada sektor privat ada RUPS apakah di BLUD ada istilah RUPS (rakor?) atau ditiadakan? matur nuwun.

  28. Agustus 7, 2009 12:00 pm

    Ass. Pak Sukri bisa tolong kirimkan softcopy mengenai blud, kebetulan RS kami sedang menggodok rencana tsb. Makasih sebelumnya.
    Wass.

  29. Mudirman permalink
    Agustus 26, 2009 2:03 pm

    Ass.. pak sukri, bisa tlg saya kirimkan web Depdagri RI dan Depkes RI yang bisa kita dwounlod ttg peraturan2 dan Edaran tentang BLUD. atas bantuanya saya ucapkan terikasi ( Pegawai RSU Mayjen H.A. Thalib Kab. Kerinci Prov. Jambi )

  30. Tasyrief permalink
    September 16, 2009 10:30 am

    saya baru belajar menyusun sistem tata kelola blud, mohon kalau diperkenankan saya dikirimi softkopi modulnya ..TQ

  31. Oktober 15, 2009 10:59 am

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Wah, bener2 air dikala dahaga ni….
    saya sgt memerlukan modul2 tersebut..sehubungan dg rencana RS dan Pusk BLUD di tempat saya bekerja…Apakah bisa saya diberi soft copy modul2 tersebut?? terima kasih sebanyak2nya atas tulisan yg sangat dinanti ini….

  32. Dwi Burdani permalink
    Oktober 19, 2009 5:22 pm

    oh ya bagaiman caranya saya bisa memperoleh modul tentang BLUD tsb ? tks

  33. linda permalink
    Oktober 20, 2009 11:13 am

    Pak, bolehkah sya di copy kan atau dikirimkan tentang isi secara lengakap SE Mendagri no. 900/2759/SJ.
    thx

  34. Dencik permalink
    November 25, 2009 10:22 am

    Pak, untuk modul BLUD apa ada soft copynya? kebetulan rs kami dalam proses blud… agak bingung untuk prosesnya bagaimana…

  35. azwir permalink
    November 26, 2009 2:11 pm

    pak, kalau ada soft copy nya minta tolong di emailkan ke email saya: azwiribr@yahoo.com. karena RS saya sedang dalam proses menuju BLUD. terima kasih sebelumnya.

  36. Hafidz permalink
    Januari 9, 2010 3:29 pm

    Apakah saya bisa mendapatkan softcopynya? terimakasih..
    hafidz.firdaus@gmail.com

  37. Januari 10, 2010 9:32 am

    Rekan-rekan Pembaca

    Saya tidak memiliki soft-copy dari modul BLUD Rumah Sakit Daerah yang di-workshop-kan
    oleh Depdagri di atas. Namun, dalam waktu dekat kita akan membuat modul dan workshop tersendiri, khusus untuk BLUD RSUD dengan penekanan pada penyusunan rencana strategis, penatausahaan, akuntansi/pelaporan, dan bentuk-bentuk kerja sama BLUD.

  38. Hendri, R permalink
    Januari 17, 2010 7:02 am

    Pak… mohon kiranya saya juga dikirimkan modul BLUD RSUD, karena tahun 2010 ini RS saya dipersiapkan menuju BLUD, sampai saat ini masih minim sekali informasi tentang BLUD ini, mohon dikirim ke email. rusdianhendri@yahoo.com
    Terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya

  39. MukhtarDaud permalink
    Februari 27, 2010 1:23 pm

    Rupanya banyak juga yang ingin modul BLUD RSUD, sebagai informasi kami Pw.BPKP Jatim telah lama membagun ini dan saat ini telah menjadi produk BPKP secara Nasional untuk melakukan asistensi BLUD terutama RSUD. Untuk Jatim telah lebih dari 20 RSUD yang telah berhasil jadi BLUD atas bantuan teman-teman Perw.BPKP Jatim termasuk saya. Kami telah bekerja mulai dari tahun 2005, hingga saat kami sedang mengimplementasi sistem akuntansi yang terintegrasi dari penatausahaan – akuntansi – aset – laporan keuangan integrasi dengan laporan keuangan PEMDA. Saat ini cukup banyak teman-teman dari RSUD yang terus konsultasi dengan kami untuk kesuksesan implementasi BLUD.

  40. Sya'ari permalink
    Maret 19, 2010 4:00 pm

    pak bisa minta copy format RBA utk BLUD RS…trms

  41. Dewanto permalink
    Maret 24, 2010 10:16 pm

    Telah banyak RSUD yang menerapkan BLUD. Hasilnya belum dapat dirasakan manfaatnya bahkan tarif RSUD naik tanpa pertimbangan perhitungan costing yang tepat. Sesungguhnya tarif RSUD tidak boleh lebih mahal dari RS Swasta karena costingnya berbeda. RS Swasta harus menaggung cost of capital atas investasi gedung dan peralatan , biaya operasi :Gaji, listrik, air. Tidak demikian dengan RS Pemerintah semua itu ditanggung dari pungutan pajak rakyat. Costing RSUD hanya mengambil sumberbiaya untuk jasa pelayanan, obat, BHP dan pemeliharaan yang diperoleh dari pendapatnnya, tidak seperti RS swasta seluruh biaya yang saya sebutkan di atas masuk dalam costing. Sehingga Sungguh ironis jika tarif RSUD=tarif swasta dengan penggunaan pendekatan Competitive based pricing. Ini adalah bentukketidak pahaman makana BLUD, ketidakpahaman konsep Budgetary accounting yang diterapkan pada entitas pemerintahan yang menjalankan bisnis. Perlu diskusi antar profesi dan saya sungguh tidak paham soal medis, tapis sedikit paham tentang costing dan accounting yang menjadi titik persoalan POLA PENGELOLAAN KEUANGAN YANG SEHAT.

  42. anni bersari kristina harahap permalink
    April 30, 2010 10:11 am

    saya sangat berminat untuk mendapatkan informasi tentang pengelolaan dana BLUD di RSUD karena kami dari RSUD Ciawi kabupaten Bogor akan menerapkan PPK BLUD di awal tahun 2011
    Mengingat rekan dari RSUD Cibinong yang merasa kesulitan dalam pengelolaan keuangan dimana aturan dan SOP penggunaan uang masih belum ada yang bisa menjadi acuan membuat kehati hatian dalam penggunaan uang.
    Disamping itu kami merasa bahwa kesiapan RS haru benar-benar dipertimbangkan mengingat RSUD selama ini memiliki SDM yang kuantitas dan kualitasnya masih kurang

  43. anni bersari kristina harahap permalink
    April 30, 2010 10:18 am

    Mohon bantuannya untuk mendapatkan aturan dan ketentuan yang berlaku u pengeolaan keuangan BLUD. Trims

  44. elit irawan permalink
    Mei 24, 2010 8:06 am

    Pak, aku boleh minta modul2 terkait PPK BLUD dan petunjuk tehnis Depkes Standar Pelayanan Minimal? Rumah Sakit aku baru mau menjalankan BLUD, masih kebingungan. Terima kasih

  45. yadi permalink
    Mei 31, 2010 8:36 pm

    mohon informasi tentang tata kelola,sebab baru pertama saya diikut sertakan tentang BLUD ini, dimana saya bisa mendapatkan modul ini.terima kasih

  46. Bustami,SKM permalink
    Juli 18, 2010 4:42 pm

    Dengan hormat,
    assw.
    Mas, Kami dari BLUD RS. Siti Aisyah Kota Lubuklinggau Sumsel , dimana RS.ini baru dijadikan BLUD oleh sebab itu, Kami Minta Tolong dikirimi Modul atau Buku Cara Penyusunan RBA BLUD serta Dasar Hukum /peraturan2 tentang BLUD
    Demikian atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya

    Bustami,SKM

    NB. Kapan lagi jadi WI di Kota Lubuklinggau, Durian sebentar lagi mau musim.Tk.

  47. agustiana permalink
    Juli 20, 2010 10:24 pm

    Mas help dong bisa kirimin ke 3 raksa gak? he he lagi butuh banget nih SE 900 BLUD nya tar tak undang lagi jalan2 yak. Oh iya topi buat saya yah yg kemarin ketinggalan waktu acara di puncak he he

  48. nina permalink
    Agustus 13, 2010 2:14 pm

    Yth
    Bapak mohon dapatnya saya juga dikirm softcopynya model model tersebut karena kami membutuhkan terkait 2 rmah sakit umum daerah di tempat kami juga baru bersatus BLUD.Terima kasih

  49. andi alam permalink
    Agustus 31, 2010 9:26 am

    Mohon soft copynya untuk modul RSB BLUD karena kebetulan rumah sakit kami juga berencana untuk menjadi BLUD januari tahun depan. terimakasih sebelumnya. wassalam….

  50. mila permalink
    September 30, 2010 9:54 am

    Ass.
    Yth pak Syukriy. mohon kiranya berbagi soft copy untuk modul BLUD untuk RSUD. Kami sangat membutuhkannya. Atau informasi kemana kami harus mencarinya? terima kasih
    Wassalam

  51. Oktober 19, 2010 1:33 pm

    Ass.
    Pak syukri, mhon kiranya berbagi soft copy modul rencana dan strategi bisnis untuk rsud.Rencananya rumah sakit kami akan menuju blu januari 2011.Tolong di kirimkan ke email saya adriany89@yahoo.com
    Terima kasih.
    Wassalam

  52. MARTHEN BENI permalink
    November 23, 2010 8:20 pm

    Dengan hormat,
    assw.
    Mas, Kami dari BLUD RS. TENRIAWARU BONE Kota Watampone Sul-Sel , dimana RS.ini baru dijadikan BLUD oleh sebab itu, Kami Minta Tolong dikirimi Modul atau Buku Cara Penyusunan RBA BLUD serta contoh RBA BLUD
    Demikian atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya

    MARTHEN BENI,SKM,M.Kes

  53. rissa nisfurianti permalink
    November 30, 2010 1:58 pm

    Ass.
    Pak syukri, mhon kiranya berbagi soft copy modul rencana dan strategi bisnis untuk rsud. Insyaallah 2011 RSUD kami menerapakan pola BLUD.Tolong di kirimkan ke email saya rissanisfurianti@gmail.com
    Sebelumnya Terima kasih.
    Wassalam

  54. syukriy permalink*
    November 30, 2010 5:17 pm

    Saya tidak memiliki softcopynya, mbak.

  55. Aji Wijaya permalink
    Desember 23, 2010 4:44 pm

    DICARI SEGERA – HEALTH SERVICES ADVISOR

    – Duration 3 years based in Bali
    – Health system Adviser to provide wide-ranging hospital management planning, clinical governance and management advice, mentoring, training and system development assistance.
    – Provision of assistance to a local district hospital to fulfil the requirements in preparation to become a BLUD status hospital.

    Requirements
    – Tertiary qualifications in health service management / hospital management.
    – Senior hospital management experience or as a consultant to tertiary level hospitals at least 5 years
    – A clear understanding of Indonesian health administration and regulations and understanding of the advisory role in a development cooperation project and experience acting in the role of mentor.
    – Excellent communication skills and be able to converse with a wide range of health professionals, government officers, and the community.

    Silakan hubungi Aji at(021) 798.5403

  56. Erwinsyah permalink
    Desember 28, 2010 1:00 pm

    Maaf pak Syukriy. Bisa ngak kiranya mengirim fotocopy modul BLUD tersebut ke daerah saya. Kami sangat memerlukan informasi apapun mengenai BLUD tersebut untuk puskesmas kami. Biaya secara keselurahan akan kami tanggung. Thanks.

  57. dr.Bagus permalink
    Februari 17, 2011 12:16 pm

    mohon dikirim lewat e-mail yg diatas tentang modul BLUD

  58. Erwinsyah permalink
    Februari 17, 2011 12:49 pm

    @dr. Bagus : agar bisa email saya di erwkos@yahoo.com.

  59. Imam permalink
    Februari 22, 2011 9:07 am

    @dr. Bagus : agar bisa email saya di imamcomx@yahoo.com . Terimakasih…

  60. vera permalink
    Maret 8, 2011 10:03 am

    mohon dikirim modul diatas tentang blud rsud,alamat saya d rsud sungailiat kab. bangka belitung

  61. vera permalink
    Maret 8, 2011 10:05 am

    mohon di kirim modul ttg blud rsud yg di atas dan alamat pelatihan blud

  62. tommy naibaho permalink
    Maret 8, 2011 11:18 am

    Terimakash mas, atas infonya, kalo ada softcopy dari modul tersebut,
    tolonglah dikirim ke email sy, tommynaibaho@yahoo.co.id.
    daerah sy sedang mengkaji perubahan RSUD menjadi BLUD dan kebetulan itu bagian dari tupoksi saya………

    terimakash

  63. nurochman permalink
    Maret 11, 2011 2:37 pm

    Perkenalkan saya nurochman, bekerja sebagai staf bagian organisasi setda kota surakarta. saat ini saya membutuhkan modul2 nomor 1 s/d 5 untuk saya belajar dan terapkan dalam pengembangan organisasi di pemkot surakarta. jika tidak keberatan mohon untuk bisa dikirmkan softcopy modul 1 s/d 5 ke alamat email saya.
    terima kasih atas bantuannya. semoa allah swt membalas kebaikan bapak dengan pahala yang berlipat serta kemudahan berbagai urusan untuk bapak beserta keluarga dalam berbagai aspek kehidupan, amin.

  64. Erwinsyah permalink
    Maret 11, 2011 7:05 pm

    Utk teman2 sekalian yg sangat membutuhkan Modul BLUD tersebut. Berikut link download modul blud. Terima kasih.
    http://rapidshare.com/files/452025951/modulBLUD.rar

  65. novarino, S.Farm, Apt permalink
    Maret 16, 2011 9:42 am

    Assalamualaikum, pak syukri.
    saya dari RSUD aceh singkil, provinsi Aceh. rumah sakit kami bulan april 2011 ini akan melaksanakan BLUD. pak, boleh nggak saya minta softcopy Modul Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah yang bapak punya?
    atas bantuan bapak sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  66. Ari, INHU permalink
    April 21, 2011 8:44 pm

    Selamat malam Pak, trmksih atas informasinya, kbtulan tadi siang kami baru sosialisasi BLUD dgn Bpk. Bejo Mulyono, beliau tlh mmberikan pencerahan yg bgtu jelas ttg BLUD shg kami bisa memahami apa itu BLUD, mudah2an rencana Rumah Sakit kami utk mnjadi BLUD sgra trwujud

  67. Mei 4, 2011 11:43 am

    Apakah saya bisa mendapatkan softcopynya PAK….Terima Kasih.

  68. Leo permalink
    Mei 13, 2011 10:50 am

    Mohon dikirim dong contoh format /modul RBA bagi rumah sakit yang sudah BLU untuk kemajuan kita bersama. email.rsud_hams@yahoo.com

  69. September 11, 2011 8:23 pm

    saya sangat membutuhkan konsep PPK-BLUD bagi rumah sakit daerah.sebagai reperensi dilapangan.trima kasih

  70. Oktober 23, 2011 8:42 pm

    Selamat Malam pak, sebelumnya salam kenal.
    Saya Alvian mahasiswa perencanaan wilayah dan Kota di Bandung ingin bertanya,
    Apakah yang harus dipersiapkan apabila BUMD ingin berubah menjadi BLUD dari aspek kelembagaan, kepemilikan asset dan karyawannya serta pengalihan perubahan statusnya? Terimakasih pak.
    Apakah ada contoh kasus perubahan dari BUMD menjadi BLUD?
    Karena menurut saya sampai sekarang masih blur dan hanya berganti nama saja dengan kualitas pelayanan yang tidak begitu berbeda.
    Terimakasih

  71. wiwin winaningsih permalink
    Desember 26, 2011 4:41 pm

    Pa…saya mau tanya saya bekerja di RSUD tipe D,kami ingin RS ini menjadi RS PPK-BLUD,RS ini baru operasional 8 bulan yang lalu tepatnya bulan april 2011,apa mungkin RSkami bisa menjadi RS BLUD?terimakasih atas bantuannya

  72. eka purwanta permalink
    Januari 19, 2012 9:33 am

    Trmkash atas infonya, trus terkait urusan administrasi kepegawaian ( DP3, Pengguna Anggaran) bila dipimpin dr unsur swasta, bgmn ya

  73. slamet permalink
    Januari 24, 2012 9:09 am

    Bpk, kami dalampelaksaan PPK-BLUD,kurang paham terkait dengan status Direktur RSUD dan Pimpinan BLUD, apakah bisa dipimpin oleh dua orang atau hanya salah satu ( Direktur merangkap pimpinan BLUD) karena BLUD dapat dipimpin dari untur swasta, dan apabila dipimpin dari unsur swasta apa perlu ditetapkan juga direktur rumah sakit. Terima kasih dan mohon bimbingannya.

  74. basri permalink
    Juli 31, 2012 4:24 pm

    Salam kenal Pak Syukry…
    Saya tau blog bapak sangat bermanfaat buat publik . dan saya sangat senang kita bisa berdiskusi mengenai BLUD pak. Terimakasih

  75. April 25, 2013 3:42 am

    Howdy would you mind letting me know which hosting company you’re using? I’ve loaded your blog in
    3 different web browsers and I must say this blog loads a lot faster
    then most. Can you suggest a good hosting provider at a honest
    price? Cheers, I appreciate it!

  76. andi muh ilham permalink
    September 25, 2013 11:04 am

    dear pak syukur,
    saya ingin bertanya bagaimana cara menganggarkan pembayaran hutang tahun berjalan dalam RBA tahun berikutnya? sebgai informasi dalam neraca tahun 2012, rsud kami memiliki hutang obat sebesar 3,5 M. Pada tahun 2013 hutang tersebut kami bayar tapi tidak berdasarkan RBA tahun 2013, karena pembayaran hutang tidak dianggarkan dalam RBA.

    andi ilham
    rsud serang

  77. Tabrani permalink
    Maret 27, 2014 8:57 am

    Terima kasih, mas sudah menginformasikan adanya modul yg berkaitan dgn BLUD, seterusnya bagaimana agar saya juga dapat memperoleh modul2 tersebut khususnya yang berkaitan dengan rencana strategis bisnis.mohon balasannya ke e-mail saya
    tabtop.99@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 80 pengikut lainnya.

